Rabu, 27 Mei 2015

Sampahmu, mensejahterakan kehidupanmu

Berbicara tengang Indonesia. Pati identik dengan keindahan alamnya, hutan yang masih lebat, pedesaan yang asri, deretan sawah, gunung, dsb. Sayangnya banyak tangan-tangan usil yang membuang sampah bahkan menimbunnya disembarang tempat. Karna sistem pengolahan sampah yang tidak baik tersebut akhirnya mengakibatkan beberapa daerah terpaksa terkena banjir tiap musim penghujan tiba. Nah untuk mengatasi hal tersebut, mari kita coba terapkan rencana ini.

Pertama, kita siapkan bak sampah organik dan anorganik disetiap rumah warga. Lalu mendirikan suatu bank sampah yang dikelola bersama-sama oleh masyarakat sekitar. Setiap hari warga menyetorkan sampah organik dan anorganik yang telah terpisah kepada petugas bank sampah. Dengan menyetorkan sampahnya, warga akan mendapatkan uang sesuai dengan berat sampah yang dibawa. Namun, uang yang diberi bukan dalam bentuk tunai melainkan tabungan. Sehingga bisa ditarik saat diperlukan. Selanjutnya petugas bank sampah menyetor sampah-sampah tersebut pada petugas pengelola sampah. Sampah-sampah organik dijadikan pupuk kompos, untuk mempercepat proses pembusukan bisa menggunakan bantuan bakteri pengurai yang bisa didapatkan disebagian apotek. Sedangkan sampah anorganik bisa diolah lagi menjadi kerajinan-kerajinan tangan seperti tas, celemek, taplak dsb sesuai dengan jenis sampahnya. Upayakan agar petugas yang mengelola sampah-sampah tersebut merupakan warga yang kurang mampu, agar perekonomian mereka bisa terbantu

Hail-hasil pupuk dan kerajinan tangan tersebut lalu dipasarkan secara luas. Kemudian hasilnya untuk memberi upah para petugas bank sampah dan pengelola sampah, dan sebagian kecilnya masuk kas desa. 

Nah keuntungan bisa didapat dari kegiatan tersebut adalah :
1. Menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari bencana banjir
2. Membantu perekonomian masyarakat yang kurang mampu dan dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada
3. Menambah kreativitas masyarakat
4. Membantu masyarakat dalam menyimpan uangnya
5. Menyejahterakan desa karna dapat menambah pemasukan kas desa, yang dapat digunakan untuk dana tambahan renovasi jalan, memperindah desa, dsb

Melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapat. Mari kita upayakan rencana tersebut. Ingat, menjaga lingkungan sekitar sama saja sudah berpartisipasi aktif dalam kegiatan cinta tanah air, Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar