Rabu, 27 Mei 2015

Perkembangan Teknologi

Seiring dengan kemajuan jaman, teknologi pun juga ikut berkembang.Mulai dari teknologi komunikasi maupun informasi. Semua mengalami kemajuan yang pesat dari waktu ke waktu. Dahulu manusia melakukan komunikasi dengan perantara burung merpati, faxili, lalu berkembang dengan adanya jasa pengiriman surat yaitu kantor pos. Namun ternyata, berkomunikasi dengan cara-cara tersebut memerlukan waktu yang lama dan jarak terbatas. Para ahli terus melakukan innovasi sehingga didapatlah alat komukasi yang canggih yaitu handphone dan sarana internet yang dapat dengan mudah menghubungkan manusia dari berbagai daerah bahkan negara. Dengan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, komunikasi menjadi lebih efisien, mudah, dan terasa tidak terbatas.

Selain dibidang komunikasi, teknologi juga berkembang dibidang informasi. Manusia dulunya menggunakan kentongan untuk mengumpulkan warga lalu menyebarkan berita. Namun, berkat kemajuan teknologi. Sekarang manusia tidak perlu susah-susah berkumpul atau melihat suatu peristiwa secara langsung. Mereka dapat memperoleh informasi-informasi tersebut lewat pesan singkat, telefon, media publik seperti TV, koran dll. Bahkan manusia juga dapat mengakses secara langsung lewat fasilitas yang telah disediakan di internet. Sungguh kemajuan yang sangat meanjakan umat manusia.

Dibalik semua kemudahan yang ditawarkan, tentu terdapat begitu banyak kekurangan. Perkemabnagan teknologi komunikasi dan informasi sangat bermanfaat, sayangnya sebagian orang menyalahgunakannya untuk melihat situs-situs porno, melakukan cyberstalking, libel, bahkan ada yang menjajakkan diri lewat internet. Bukan hanya itu, handphone yang seharusnya digunakan sebagai penghubung antara orang tua dan anak malah disalahgunakan oleh para pelajar untuk bermain game online, berkirim pesan singkat, chatting dengan teman-teman. sehingga mengakibatkan pelajar lupa waktunya belajar.

Denagan perkembangan tersebut. Mari kita sebagai manusia lebih bijak dalam menyikapinya. Jika diumpamakan sebuah tali dan simpulnya. Teknologi komunikasi dan informasi merupakan sebuah tali yang didalamnya terdapat berbagai macam informasi yang dapat dengan mudah kita dapat. Nah kita sebagai manusia ini merupakan sebuah simpul yang akan menentukan baik atau buruknya sebuah tali tersebut. Jika kita dapat menggunakan tali itu dengan baik maka akan tgerbentuk suatu simpul yang apik. Namun apabila kita tidak dapat memanfaatkan tali tersebut dengan baik, maka tali tersebut tidak akan bisa membentuk sebuah simpul yang baik. Jadi, mulai dari sekarang. Bijaklah menyikapi perkembnagan teknologi agar semakin banyak kemudahan yang bisa kita dapat, bukan malah kerugian-kerugian yang akan membebani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar